Senin, 24 Mei 2010

Mencapai hidup yang maksimal

Mencapai hidup yang maksimal


Secara umum Bahasa Arab mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai alat komunikasi antar manusia dan sebagai bahasa agama ( Islam ). Bahasa Arab memiliki struktur ilmu diantaranya:
1.      ilmu makharijul huruf        ( fonetik      ),
2.      funulujiyah                        ( fonologi    ),
3.      sharaf                                ( morfologi ),
4.      nahwu                               ( sintaksis   ),
5.      ilmu ma’ani                       ( semantik   )  dan lain-lain.
Adapun karakteristik Bahasa Arab dapat dilihat dari berbagai asfek diantaranya adalah sebagai berikut :
1. اللغة السامية ينسب إلى سام بن نوح Bahasa Arab adalah bahasa Bani Adnan dan bahasa Semit juga disebut sebagai bahasa Sam karena diidentikan dengan Sam bin Nuh, dan bahasa Arab-lah yang paling bagus dan bisa melestarikan bahasanya sampai sekarang dari sekian banyak bahasa semit.
2.  ظاهر الترادف في اللغة العربية أي ألفاظ كثيرة وضع لمعنى واحد وثروة اللغوية Bahasa Arab yang paling banyak sinonimnya dan kaya akan bahasa.
3. مرونة اللغة العربية Perubahan lafad dan maknanya sangat elastis.
4.  من محاسن اللهجات Paling baik dialeknya dari sekian banyak bahasa yang lainnya.

Menurut Dr Naif Mahmud Ma’ruf dalam kitabnya Khasaisu Al’Arabiyah Watharaiqu tadrisiha ( hal 38-51 ) menjelaskan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang baik susunan kalimatnya dan sangat indah bahasanya. Ada pendapat dari berbagai ulama salaf maupun khalaf tentang karakteristik bahasa Arab diantaranya :
1. Ibnu Fars berkata : Bahasa Arab paling baik dari sekian bahasa dan sangat kaya akan bahasa maka cukuplah alasan bagi Allah SWT mengapa memilih bahasa Arab sebagai bahasa Al-Quran dan Nabi Muhammad SAW diutus di Arab sebab disamping alasan diatas bahasa Arab ( Al-Quran ) tidak bisa diterjemahkan kedalam bahasa lain kecuali harus disertai dengan teks aslinya supaya terjaga keasliannya. Berbeda dengan kitab Injil dan Taurat yang sudah berubah ( Khasais Al-Lughah : 38 )
2. Imam As-Sayuti berpendapat bahwa : Bahasa Arab banyak mufradatnya, kaya akan makna dan idiom juga masih banyak lainnya.
3. Ibnu Junna berpendapat bahwa : didalam bahasa Arab terdapat huruf yang menunjukkan terhadap suatu makna. Maksudnya dalam setiap huruf ada sesuatu makna dan tujuan tertentu
من خصائص اللغة دلالة بعض الحروف على المعانى المقصود والغرض المطلوب

Beberapa ulama berpendapat bahwa karakteristik bahasa Arab dari asfek perkembangannya banyak Arab dari aspek perkembangannya banyak perubahannya diantaranya :
1. Banyak kata-kata yang sebelumnya tidak ada pada masa jahiliyah seperti kata العقل، النفس، الروح، المجد، الكتابة، الزكاة، الصلاة dan lain sebagainya.
2.  التولد الذاني maksudnya lafad yang sudah mempunyai arti dan telah terbentuk dari bahasa Arab tetapi dibuat makna baru yang berbeda dengan makna sebelumnya seperti سيّارة ( kendaraan/mobil ) طيّارة( kapal terbang ) dsb.
3.  التواليد الإستقاقي maksudnya membuat suatu kata dari kata itu sendiri sehingga mempunyai makna baru dengan tetap terjaga makna lafad aslinya, contoh : kata كتبbisa dibuat menjadi كتاب، مكتوب،مكتبة..., berbeda dengan bahasa Inggris menjadi book, library, letter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari aspek gramatika diantara karakteristik bahasa Arab mempunyai hubungan antara i’rab dan makna, ketika salah dalam menempatkan sebuah kedudukan kalimat dalam bahasa maka artinya pun akan salah dan akan terjadi kerusakan makna.


Dr. Ahmad Amin menambahkan sesungguhnya bahasa Arab telah menjadi sebuah alat untuk mentransformasikan ilmu-ilmu yang telah ada sebelumnya baik dari Yunani, India dan sebagainya.
Bahkan bukan itu saja, bahasa Arab telah berkembang dan menyebar ke belahan dunia bahkan kitab Injil, Taurat dan Bahasalatin diterjemahkan ke dalam bahasa Aab sehingga hampir seluruh negara yang dikuasai umat Islam dalam kehidupan sehari-harinya menggunakan bahasa Arab ( Khasais Al-Lughah : 46-47 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar